Sunday 29 September 2013

Haul Pangeran Joned Cikaret dihadiri Penziarah Dari Berbagai Daerah

http://kotabogor.go.id/component/content/article/1-berita-terbaru/9301-haul-pangeran-joned-cikaret-dihadiri-penziarah-dari-berbagai-daerah-
Peringatan Isra Mi’raj Nabi Besar Muhammad SAW dan Haul Pangeran Djonet Dipomenggolo putra dari Pangeran Diponegoro di Kampung Kebon Kalapa Kelurahan Cikaret Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor yang berlangsung, Ahad (1/7/2012) tidak saja di hadiri masyarakat setempat, tetapi juga para keturunan Pangeran Diponegoro dari luar daerah seperti Palembang, Surabaya, Maluku, Makasar dan Papua.

Menurut  juru pelihara makam Pangeran Jonet, Ustad Abdul Wafa yang juga masih keturunannya, kegiatan haul dilaksanakan diawali dengan berziarah bersama kemudian diskusi untuk mengaktifkan organisasi Ikatan Keluarga Diponegoro (Ikadi) agar lebih berkiprah dalam berbagai bidang diantaranya pendidikan, keagamaan, kesehatan dan bidang lainnya.

Salah satunya memberikan bantuan berupa beasiswa kepada keturunan Diponegoro yang dianggap kurang mampu. Bahkan organisasi ini akan mengeluarkan surat pengukuhan kepada para keturunan Dipenogoro dengan sebuah sertifikat.

Hal ini dimaksudkan agar mereka yang benar-benar keturunannya akan merasa aman  jelas asal-usulnya. Pada kesempatan itu juga, terungkap rencana untuk mengadakan haol Pangeran Dipenogoro.

Sekedar informasi Pangeran Djonet  Dipemenggolo, datang ke wilayah Jabaru Pasir Kuda Kota  Bogor, untuk melawan penjajahan Belanda dan syiar Islam bersama pasukannya  setelah sebelumnya   meninggalkan  Makasar dan singgah di Jakarta.

“Di Bogor sendiri mulanya datang  di Kampung  Jabaru Kelurahan Psir Kuda kemudian ke Kampung Dukuh Jawa, serta bermukim di Kebon Kelapa Cibeureum (sekarang Kel. Cikaret –Red) dan meninggal dan disemayamkan di sini bersama istri dan palaputeranya,”ungkap Wafa.



Sedangkan peringatan Isra Mi’raj sendiri dilaksanakan pada malam harinya dengan menampilkan tiga  penceramah tentang hikmah Isra dan Mi’raj  yakni    Habib Husen Al Habsyi Diponegoro, Habil Machdor dan KH. Kholidi dari Bakom Ciawi.

Masih menurut Wafa, sejumlah pejabat dari Pemda Kota dan Pemkab. Bogor akan hadir dalam Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW  tersebut.

No comments:

Post a Comment